DOA PELEPASAN PESERTA DIDIK KELAS IX ANGKATAN V MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 32 JAKARTA


DOA PELEPASAN
PESERTA DIDIK KELAS IX ANGKATAN V
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 32 JAKARTA
Oleh: Adi Nur Rohman, S.H.I
Rabu, 25 Juni 2014

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu ’alaikum wr. wb.

Bapak Ibu, Ayah Bunda serta anak-anak yang kami banggakan…
Marilah kita rendahkan hati dan pikiran kita untuk memohon kepada Allah swt, karena sungguh hanya dengan kerendahan hati dan pikiran yang bersujud, Allah akan mengabulkan do’a-do’a kita.

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين حمد الناعمين حمد الشاكرين حمدا يوافي نعمه ويكافي مزيده. يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك. اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد
Ya Allah Ya Tuhan Kami
Segala puja dan puji hanyalah milik-Mu, wahai pencipta alam semesta dan manusia. Kami bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang engkau limpahkan kepada kami. Nikmatmu hadir ya Allah dalam setiap degupan jantung kami, dalam setiap pancaran darah kami, dalam setiap hembusan nafas kami, dan dalam setiap ayunan tangan dan gerak langkah kami. Tak sanggup kami untuk menghitungnya. Sungguh, kami tidak mampu untuk menghitung seluruh nikmatmu itu. Berikanlah kami kekuatan untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah engkau anugerahkan kepada kami, orangtua kami, guru-guru kami, siswa siswi kami dan sekolah kami. Berikanlah kami kekuatan untuk mengerjakan segala perintahmu dan berikanlah kami kekuatan untuk selalu menjauhi larangan-laranganmu. Masukkanlah kami ke dalam golongan hambamu yang bertakwa dan pandai bersyukur akan nikmat-Mu.

Ya Allah ya Rahman
Kini kami hadir di majelis yang mulia ini, prosesi pelepasan peserta didik kelas IX angkatan V MTs Negeri 32 Jakarta. Kami datang kepadamu bersamaan dengan momentum yang sangat bersejarah ini, sekalipun tertatih-tatih, kami berupaya mendekatkan diri kepadamu, berharap kasih sayangmu. Dengan rasa harap dan cemas, kini kami mengetuk-ngetuk pintu karunia dan rahmatmu, menadahkan tangan kecil ini, memohon belas kasih sayangmu ya Allah. Jangan engkau tepiskan tangan yang bergelimang dosa dan kotoran kehidupan dunia. Jangan engkau usir kami karena kelalaian dan kealpaan kami.

Ya Allah ya Rahim
Berkat simbahan darah ibu yang telah melahirkan kami, berkat cucuran keringat kerja keras ayah kami, kami yang hadir diruangan ini berhasil menggapai apa yang kami citakan khususnya anak-anak kami, siswa siswi kami menjadi alumni MTs Negeri 32 Jakarta. Kami memohon kepadamu ya Rahman, ditengah cemas dan harap, sayangi ibu kami ya Allah, sayangi ibu kami, ya Rahman, sayangi ibu kami, sayangi ayah kami tercinta, sayangi mereka, tempatkan mereka keduanya dalam rahmatmu, ampunilah dosa-dosa mereka. Jadikanlah kami anak-anak yang mampu memuliakan mereka hingga maut  menjemput.

Ya Allah Ya Aziz
Sayangilah guru-guru kami, limpahkanlah keberkahan atas kehidupan mereka. Berikanlah mereka kekuatan untuk menjalankan amanah dan jabatan dengan jujur, ikhlas dan dengan sebaik-baiknya. Limpahkanlah keberkahan atas sekolah kami ya Allah agar mampu memberikan sumbangsih terbaiknya bagi kemajuan agama dan bangsa Indonesia.
Tautkan jiwa dan hati kami
Kokohkan ikatan persaudaraan diantara kami
Damaikan perselisihan dan pertikaian diantara kami
Jangan engkau cerai-beraikan kami dengan kepentingan-kepentingan personal duniawi
Jadikanlah kemaslahatan umat dan ridho-Mu adalah tujuan kami
Ilahi anta maqsudi wa ridhoka mathlubi
Berikanlah kami pemimpin-pemimpin yang baik, dan perbaikilah pemimpin-pemimpin kami. Berikanlah kami guru-guru yang baik dan perbaikilah guru-guru kami, dan berikanlah kami murid-murid yang baik dan perbaikilah murid-murid kami.

Ya Allah ya Hakim
Langkah kami sebagai guru bagi anak-anak kami mungkin terbatas sampai hari ini. Untuk itu, kami titipkan anak-anak kami kepada-Mu ya Allah, jalan panjang masih terbentang di hadapan anak-anak kami, meski kami tidak tahu seberapa jauh mereka akan melangkah, namun sungguh kami mengharap cintamu. Bimbinglah mereka senantiasa berjalan lurus di jalanmu, mudahkanlah langkah mereka, lapangkanlah kehidupan ini bagi mereka. Tiada harta yang kami berikan kepada mereka, hanya setitik ilmu yang kami sampaikan dari-Mu kepada mereka. Maka jadikanlah ilmu yang mereka peroleh sebagai cahaya yang menerangi jalan mereka, ilmu yang akan mengantarkan mereka kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Jadikanlah mereka anak-anak yang shalihin dan shalihat, ‘alimin dan ‘alimat generasi penerus yang lebih baik, menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang diidam-idamkan seluruh bangsa Indonesia.

Ya Allah ya Rabb
Perlihatkanlah kepada kami yang benar adalah benar dan berikan kami kemampuan untuk mengikutinya. Dan perlihatkanlah kepada kami yang salah adalah salah dan berikan kami kekuatan untuk menjauhinya.
Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqna ittiba’ah wa arinal bathila bathila warzuqna ijtinabah
Jika engkau berikan kami kesuksesan maka berikanlah kami bersamanya sikap tawadhu’
Jika engkau berikan kami kegagalan maka berikanlah kami bersamanya kesabaran dan kekuatan untuk bangkit
Jika engkau berikan kami kesehatan maka berikanlah kami bersamanya kekuatan dan kemauan untuk beribadah
Jika engkau berikan kami penyakit maka berikanlah kami bersamanya kesabaran dan kesembuhan
Jika engkau berikan kami kemudahan dan kelapangan rizqi maka berikanlah kami bersamanya keberkahan atasnya dan kelapangan hati untuk berbagi
Jika engkau berikan kami kesulitan maka berikanlah kami bersamanya kemudahan dan jalan keluar
Jika engkau berikan kami jabatan dan amanah maka berikanlah kami bersamanya kejujuran dan istiqomah dalam melayani umat

Anugerahkanlah kami hati yang ikhlas, jiwa yang tenang dan bersih, otak dan fikiran yang cerdas, sikap yang lembut kepada kebenaran dan keras kepada kebathilan

Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal mawla wani’man nashir
Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adzabannar
walhamdu lillahi rabbil ‘alamin
Previous
Next Post »