Tingkatkan Kualitas Manajemen ASN, Kepala Kantor Kemenag Kota Jakarta Selatan Sosialiasi E-Kinerja di MTsN 32 Jakarta Selatan


JAKARTA (Humas MTsN 32 Jak-Sel) - Dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang reformasi birokrasi yang antara lain tercantum dalam UU. nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian; UU. nomor 5 tahun 2014 tentang ASN; PP. nomor 46 tahun 2011 tentang P2KPNS, KMA nomor 158 tahun 2010 tentang ANJAB; KMA nomor 164 tahun 2010 tentang ABK; SE Sekjen Kemenag RI nomor: SJ/B.2/IV/KP.02.3/3670/2013; serta SE Sekjen Kemenag RI nomor: SJ/B/2/KP.02.3/488/2015, selanjutnya menjadi landasan yuridis penerapan E-Kinerja di lingkungan kementerian agama RI.

Kegiatan sosialisasi E-Kinerja ini dilaksanakan pada Selasa, 4 Oktober 2016 di Aula MTsN 32 Jakarta yang dihadiri oleh ASN se kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan dengan nara sumber kepala kantor kementerian agama kota Jakarta Selatan, Drs. H. Karsa Sukarsa, MM.

E-Kinerja merupakan sebuah sistem aplikasi web-base untuk pengelolaan laporan aktifitas harian PNS di lingkungan kantor kementerian, sehingga semua aktivitas dapat terdata, terlaporkan dan terarsip secara rapi dalam database. Menurut Sukarsa: "Ini merupakan bagian dari perubahan-perubahan komprehensif yang tujuan utamanya adalah melakukan reformasi birokrasi dan bagaimana manajemen ASN lebih meningkat kualitasnya dan lebih baik lagi. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu dibutuhkan perubahanan yang menggunakan teknologi dan komunikasi."

Selain merujuk pada regulasi perundang-undangan, penerapan E-Kinerja juga didasarkan pada kenyataan rendahnya kesadaran ASN untuk memenuhi tugas administratif sebagai pegawai pemerintahan. "Selama ini pemantauan terhadap jam kerja pegawai (7,5 jam) perhari kurang efektif, selain itu terjadi ketidaksinkronan antara jabatan, ANJAB, ABK dan SKP. Juga belum terintegrasinya absen finger print, capaian kinerja harian, SKP dan realisasi SKP, penilaian perilaku, dan penilaian prestasi kerja PNS." Tegasnya.

Atas dasar kenyataan tersebut maka diyakini perlu inovasi sistem penilaian kerja PNS dengan maksud mengatasi ketidakefektifan dan ketidaksinkronan masalah di atas dan meminimalisasi indikasi kecurangan ataupun penyimpangan.

Menanggapi pelaksanaan kegiatan ini, kepala tata usaha MTs Negeri 32 Jakarta, Supriyadi, SE., menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala kantor kementerian agama kota Jakarta Selatan atas kesediaan waktunya untuk memberikan pembinaan sekaligus sosialisasi E-Kinerja. Beliau pun menyampaikan harapannya, "Semoga kegiatan ini menjadi momentum peningkatan kinerja dan perbaikan diri bagi ASN di satuan kerja MTsN 32 Jakarta."

Salah satu peserta sosialisasi, Wahyu Nismawati, S.Pd. mengatakan, "Semoga dengan adanya E-Kinerja akan semakin memudahkan ASN dalam menyelesaikan tugas administratifnya dan bisa optimal melaksanakan tugas profesi sebagai guru." Hal senada juga dikatakan Saanah, S. Ag. "Semoga kita dapat bekerja lebih baik lagi dan bisa menjadi pegawai yang kualitasnya terus meningkat."

Semoga!
(Yyt76)
Previous
Next Post »