"Balada Guru Bintitan"

Jadi ceritanya tuh...
Ada 2 sahabat yg sedang menjalin komunikasi. Mereka memiliki hubungan satu profesi dan sedang menikmati weekend, disenja hari hingga terekam sebuah percakapan berikut:

*******
Retno: "P yaaayyy nama salep yg d kasih b yuni apa yaa."
Yayat: "Knapa? Bintitan juga?"
Retno: "Iyaaaa, tapi aku k dokter sdh."
Yayat: "Jadi, dirimu bintitan? Ini berbahaya, Kita harus menuntut ganti rugi ke Bu Yuni! Gara-gara dia ini semua terjadi pada diri kitahhh.."
Retno: "Iya tapi bintit nya gak keliatan paaak cmn k senggol nyeri n agak berat gitu."
Yayat: "ohh..."
Retno: "Huoooyyy... gak ush minta ganti rugi, kita minta traktir ajeeee."
"Ntuan mah gak nulaarr, tapi knapaahh kita hrs seia sekata dlm hal perbintitan..."
Yayat: "Siapa bilang? Nular siyyy..."
Yayat: "Minta traktir? Ya.. Boleh...Itu rikues dirimu, aquh ikut. Tapi, aquh mo buat 'petisi'"
Retno: "Ahhhaaahaa...."
********
Apa yg selanjutnya mereka lakukan setelah ini?
Ada yg bisa menerka?
Lanjutan cerita.....
********

Yayat: "Itu kmren Jumat diminta Bu hj. Saanah. Dia jga merasakan penderitaan yg sama. Jadi aq baru satu kali pke. Bsk obat yg dari dirimu aq minta dehh."
Retno: "Boleeehhh, emang msh terjadi tu bintit d kelopak mata engkau."
Yayat: "Di dalem...Gak keliatan."
Retno: "Emang, diriku pun demikian."
"Gak keliatan cmn keliatan meradang gitu pinggirnya."
Yayat: "Kasian sekali..."
Retno Nurhandayani: "Haaaahh..."
*******
THE END
5/2/2017

Mata merupakan salah satu organ yang cukup vital, karena tanpa kesehatan mata yang optimal kita tidak bisa melihat kecantikan dan keindahan alam semesta ini. Masalah penyakit pada mata banyak sekali, mulai dari yang ringan seperti kemasukan debu, iritasi hingga terjadinya peradangan pada kelopak mata atau kita sering menyebutnya mata bintitan. Biasanya masyarakat kita mengkonotasikan bintitan dengan akibat dari sering mengintip.

Bintitan, memang di masyarakat kita identik dengan yang namanya masalah suka ngintip. Padahal ini keliru sekali, penyebab dari mata bintitan ini adalah infeksi bakteri. Dari mana asal bakteri tersebut mulai dari kebersihan. Penyebab mata bintitan bisa dikarenakan tangan kita yang kurang bersih dan higienis. Contohnya tangan kita memegang handphone kotor tangannya lalu mengucek mata. Kita harus sering-sering cuci tangan dan jangan sering menggaruk pada area sekitar mata.

Bintitan terjadi karena adanya infeksi pada pori-pori atau akar rambut di kelopak mata. Di kelopak mata kita terdapat kelenjar-kelenjar. Penyumbatan akar rambut pada kelopak mata oleh bakteri, kuman dan debu dapat menyebabkan peradangan yang mengganggu pengeluaran kotoran. Nah ketika ini terjadi maka timbullah bintitan ini dan terjadi infeksi, dan berisi dengan nanah. Kuman bakteri yang biasa tumbuh dikulit adalah Staphylococcus Aurous  dan ini akan menyebabkan semakin besar dan semakin mengganggu semakin besar dan semakin mengganggu seperti keluhan gatal, perih, dan panas. (dr.oz.Indonesia).

Ketika kelopak mata sedang sakit sebaiknya jangan berani-beraninya mengotak-atik mata karena sangat berbahaya. Walaupun pada dasarnya bintitan ini bisa hilang dengan sendirinya maka harus juga dilakukan dengan daya tubuh kita. Daya tahan tubuh kita bisa kita ciptakan dengan pola hidup yang sehat. Sesuatu yang diletakkan dan dekat dengan mata harus bersih, pada wanita juga harus diwaspadai dengan make-upnya.

Jika mata kita sudah terlanjur terkena maka yang harus dilakukan adalah pastikan untuk segera kunjungi dokter spesialis mata. Nanti  kamu akan diberikan dari dokter matanya obat anti biotik, anti peradangan, dll. Untuk pencegahan kita wajib untuk menjaga higienis, dan juga memperbaiki asupan nutrisi. Daya tahan tubuh yang baik dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

Mungkin ada penyakit lain bagi yang hobi mengintip, yaitu kebutaan. Ini bisa disebabkan manakala saat beraksi kemudian ketahuan dan disiram air panas....
Duh....

Bintitan boleh dibilang penyakit yang melegenda dan memasyarak at. Jangan heran kalau banyak mitos yang beredar. Berikut beberapa mitos dan fakta yang terjadi di masyarakat terkait bintitan ini:

1. Suka ngintip, bikin bintitan
Mitos!
Jangan pernah percaya bahwa bintitan disebabkan kamu suka ngintip orang lagi mandi atau yang lainnya, ya. Penyebab terjadinya bintitan bisa karena banyak faktor, salah satunya disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. sebenarnya bakteti ini nggak berbahaya, tapi kalau dia terperangkap di kelenjar kelopak mata, bisa menimbulkan infeksi.

2. Bintitan sembuhnya lama.
Mitos!
Bintitan biasanya berlangsung selama 1-2 minggu. Terbilang lama nggak, sebentar juga nggak. Tapi kalau upayamu menyembuhkannya rutin setiap hari dan tepat, bisa mempercepat proses penyembuhan.

3. Bintitan menular.
Mitos!
Kamu pasti familiar dengan pernyataan kalau sakit mata, jangan pandangin si orang tersebut karena bisa menular? Bintitan itu nggak menular semudah mata ke mata, lho.

Kalaupun dikatakan menular, itu karena tanganmu bersentuhan dengan orang yang matanya bintitan. Jadi, dia menyentuh matanya yang bintitan terus belum cuci tangan dan langsung salaman sama kamu. Pasalnya, bintitan ini terjadi akibat infeksi. Bakteri Staphylococcus aureus bisa ikutan terbawa di tangannya kalau nggak cuci tangan dulu.

4. Menyembuhkan bintitan pakai air hangat.
Fakta!
Salah satu cara untuk menyembuhkan mata bintitan adalah pengompresan menggunakan air hangat 3 kali dalam sehari selama 10 menit. Tunggu sampai nanah yang ada di bagian kelopak mata bengkak itu keluar. Tapi jangan kamu paksakan memencet benjolan bintit itu ya, guys! Biarkan pecah dengan sendirinya melalui pengompresan itu.

5. Dilarang pakai lensa kontak selama bintitan
Fakta!
Selama mengalami bintitan, jangan mengutak-atik mata dengan apa pun, termasuk lensa kontak. Takutnya tambah memperparah infeksi karena lensa kontak juga melibatkan tangan. Sebisa mungkin jangan menyentuh mata sembarang kalau tanganmu kotor.

Perlu kamu tahu, bakteri Staphylococcus aureus yang sebenarnya nggak berbahaya, hidupnya di kulit, saluran pernafasan, dan saluran pencernaan makanan pada manusia. Nah, kalau terjadi infeksi bakteri ini, hanya dengan sentuhan tangan saja bisa menularkan penyakit, salah satunya bintitan.

6. Bintitan disebabkan nggak mencuci tangan
Fakta!
Seperti kamu ketahui, mata itu sensitif. Kena benda asing sekecil apa pun, bisa berpengaruh. Nah, kalau mata gatel rasanya tangan ikutan gatel pengen mengucek. Di sinilah potensi terkena bintitan terbuka lebar kalau tanganmu kotor dan terdapat bakteri Staphylococcus aureus.

Layaknya kamu kudu mencuci tangan saat hendak mau makan, cuci tangan sebelum menyentuh atau bahkan mengucek mata juga harus kamu praktikkan. Ingat lho, mata sehat mata yang bisa bikin kamu lancar dalam beraktivitas.

7. Obat tetes mata dapat mencegah bintitan.
Fakta!
Disebutkan sebelumnya bawah mengompres mata bisa mengatasi mata bintitan. Nah, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Maka dari itu, coba deh, kamu melakukan pencegahan terkena sakit mata, terkhusus bintitan dalam hal ini. Caranya?

Cara mencegah mata bintitan adalah selalu menjaga kebersihan, terutama tangan yang sering banget menjalin kontak dengan benda-benda sekeliling dan anggota tubuh kamu, khususnya mata. Seperti disinggung di atas, mencuci tangan sebelum mengucek mata itu penting banget. Biar kamu terhindar dari kotoran dan debu mengandung segala macam kuman atau bakteri yang bisa menginfeksi mata.

Nah, selain itu kamu juga bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung bahan aktif yang dapat membunuh bakteri sekaligus berfungsi menjaga kelembapan dan kesehatan matamu. (Sumber: Brilio.net).

Semoga bermanfaat...

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar