DEMI PRESTASI, PESERTA DIDIK MTSN 32 JAKARTA MENGIKUTI SARAPAN SOAL

Sarapan soal? Hmm... Iya, begitulah istilah yang digunakan pihak kurikulum MTsN 32 Jakarta dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik dalam bidang akademik, khususnya meningkatkan nilai ujian nasional bagi peserta didik kelas IX.

Wakil kepala bidang kurikulum MTsN 32, Nuni Isnaini, S.Pd , menjelaskan: "Kegiatan sarapan soal adalah kegiatan yang sudah menjadi agenda program kerja kurikulum MTsN 32 untuk menanamkan dan membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai agama dan nilai Pancasila serta sebagai bahan acuan persiapan menghadapi ujian nasional tahun 2016-2017, baik dari segi akademik maupun mental.

Kegiatan sarapan soal ini dilaksanakan sebelum kegiatan KBM berlangsung dengan durasi 15 menit dari pukul 06.15 - 06.30 WIB dibimbing oleh satu koordinator dari setiap mapel UN. Kelompok dalam sarapan soal terbagi menjadi 25 kelompok, berdasarkan hasil UKK kelas VIII.
Satu kelompok terdiri dari 7 sampai 8 orang dan dipimpin oleh satu orang yang memiliki nilai tertinggi dalam kelompoknya.

"Model sarapan soal ini adalah dengan memberikan dan menjawab soal dalam setiap kelompok, untuk mapel matematika dan IPA sebanyak 2 atau 3 soal, sedangkan untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebanyak 4 atau 5 soal, setelah itu di bahas dalam kelompok masing-masing dan diberi nilai oleh ketua kelompok," tambah Nuni Isnaini.

Menanggapi pelaksanaan kegiatan sarapan soal, kepala MTsN 32 Jakarta, Drs. H. Ahmad Sakur, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan positif ini sangat bermanfaat, selain untuk melatih peserta didik mengerjakan dan menjawab materi soal-soal ujian nasional secara tepat dan benar,  juga untuk membudayakan jiwa disiplin dan berani menghadapi Segala sesuatu dengan berdiskusi bersama.

Sevia Nur Aulia, salah satu peserta mengatakan, "menurut saya, kegiatan sarapan soal ini cukup bagus, karena kita bisa terbiasa menjawab soal-soal yang akan diujikan pada saat UN nanti." Hal serupa juga dikatakan Luna Amanda yang merasa terbantu dengan adanya program ini.

Hj. Retno Nurhandayani, M.Pd., salah satu pembimbing mengatakan, "di kegiatan sarapan soal ini hampir bisa dipastikan progress dari setiap peserta didik menjadi terukur, sehingga harapan kita untuk mencapai nilai rata-rata UN dengan hasil terbaik dapat diraih. Insya Allah."

Selamat menikmati sarapan....
(Yyt76)
Previous
Next Post »