Woow! PMR MTsN 32 ikuti Kemah Bhakti PMI Jakarta Selatan 2016


Ribuan remaja dan peserta didik kota Jakarta Selatan yang tergabung dalam organisasi Palang Merah Remaja (PMR) berkumpul di Bumi Perkemahan APRIARI, Ragunan, Jakarta Selatan,  untuk mengikuti kemah bhakti PMR 2016.

Acara yang selenggarakan PMI kota Jakarta Selatan ini dilaksanakan selama 2 hari (17-18 September 2016) dibuka oleh  ketua PMI Jakarta Selatan, Dadang Dasuki, dan disaksikan kepala seksi pendidikan madrasah Kementerian Agama kota Jakarta Selatan, Drs. H. Hasyim, M.Pd. Adapun peserta yang hadir adalah anggota PMR dari tingkat mula, madya dan Wira yang berjumlah 1526 peserta.

Turut bergabung juga anggota PMR MTsN 32 Jakarta yang didampingi Saniah, S.Ag selaku pembina harian dan Irfan Chaniago sebagai pembimbing. Menanggapi pelaksanaan kegiatan ini, Saniah, S.Ag. mengatakan,  "acara ini sangat bagus, terutama dalam menjalin tali silaturahim sesama anggota PMR dan pembinanya dari berbagai wilayah, juga bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang PMR secara lebih mendalam lagi."

Secara umum, kegiatan pada Kemah Bhakti diarahkan untuk pembinaan mental dan menambah wawasan dalam ilmu palang merah serta tindakan pertolongan kemanusiaan. Selain itu juga dimaksudkan untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan di tingkat kecamatan sehingga memudahkan dalam berkoordinasi. Irfan Chaniago mengatakan,  "acara ini untuk mempererat tali persahabatan anggota PMR se- wilayah Kota Jakarta Selatan dan untuk membangun kerjasama tim hingga tingkat kecamatan, karena kepengurusan ranting di PMR tidak  sampai di tingkat kecamatan seperti yang dimiliki pramuka."

Sebagai salah satu daerah rawan bencana alam di provinsi DKI Jakarta, terutama bencana banjir, sudah seharusnya anggota PMR cepat tanggap pada setiap bencana. Mereka diharapkan turun langsung ke daerah-daerah sulit saat bencana alam datang, sehingga menjadi pionir membantu korban.

"Bila bencana banjir datang, terutama pada saat musim penghujan, para remaja yang sudah dididik serta memiliki kemampuan melalui Kemah bhakti PMR ini bisa diterjunkan langsung mendampingi dan membantu  penanggulangan bencana, dan itu sangat menyenangkan bisa membantu antar sesama," Demikian harapan yang disampaikan Rizqa Annisa, salah satu peserta dari MTsN 32 Jakarta.

Semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan tentang fungsi PMR serta langkah-langkah dalam menanggulangi bencana alam di tengah masyarakat.

(Yyt76)
Previous
Next Post »