Woow! MTsN 32 Jakarta Launching Web Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) ONLINE

Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah, banyak ditemukan permasalahan dalam menyediakan informasi akademik. Umumnya informasi tersebut masih dilakukan dengan mengolah data secara manual, sementara proses kegiatan dan administrasi akademik yang dilakukan, dengan jumlah stakeholder yang sangat banyak dan keterbatasan sumberdaya manusia yang ada di unit pelaksana, dapat mengakibatkan kegiatan pengolahan data menjadi sulit.

Pengolahan data secara manual juga mengakibatkan keakuratan data yang rendah. Ketersediaan teknologi komputer yang ada saat ini dan kemudahan mendapatkannya sudah sangat memungkinkan untuk diterapkannya suatu sistem informasi dalam mengatasi permasalahan diatas. Untuk itu, Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web ini dikembangkan.

Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengelolaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen pendidikan.  

Sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik di dalam maupun di luar lembaga pendidikan tersebut melalui internet secara cepat, akurat dan tidak melelahkan.

Masalah yang sering terjadi pada dunia pendidikan pada umumnya adalah keterbatasan pengolahan data yang dimulai dari saringan ujian masuk, pengumuman hasil calon penerimaan peserta didik baru (PPDB), proses pendaftaran ulang, baik bagi calon maupun yang telah menjadi peserta didik  di madrasah tersebut.

Hal tersebut merupakan salah satu proses interaksi antara bagian internal lembaga pendidikan yang mengolah data dengan proses serta prosedur-prosedur tertentu, dalam hal ini, sebagai user adalah guru/pendidik dan wali kelas sedangkan adminnya berasal dari unsur tata usaha/tenaga kependidikan.

Dengan demikian diharapkan pengolahan data antara user dan bagian sistem akademik yang menerima input dari guru tersebut dapat berlangsung dengan baik.

Kesulitan yang sering terjadi pada bagian internal lembaga pendidikan adalah banyaknya proses pengolahan data yang harus dilakukan dalam waktu yang singkat. Misalnya pengolahan data nilai dari guru untuk diolah pada raport hasil belajar, data absensi, data mata pelajaran, kkm, data jadwal pelajaran dan lain-lain.

"Menyenangkan! kita dapat mentransfer nilai kepada wali kelas kapan saja dan saat itu juga mereka dapat melihat dengan membuka web yang tersedia, bahkan orang tua pesdik pun bisa mengakses", demikian dikatakan Chairuddin Lubis, salah satu guru MTsN 32 Jakarta saat mengikuti pelatihan dan launching web simak Online MTsN 32, Selasa, 20 September 2016 di Aula MTsN 32 Jakarta.

Salah seorang wali kelas, Lia Amalia, merasa gembira dan bersyukur karena MTsN 32 dapat melangkah lebih baik lagi dalam hal manajemen akademik. "Dengan adanya sistem ini, pekerjaan wali kelas menjadi lebih ringan, akurat dan efektif," tambahnya.

Launching yang diawali dengan workshop ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang dibuka secara resmi oleh kepala madrsah. Dalam kata sambutannya, kepala madrasah MTsN 32 Jakarta, Drs. H. Ahmad Sakur, M.Pd. mengatakan, "Simak adalah sistem yang dapat mempermudah komunikasi antara pendidik dengan orang tua, dari manapun bisa memantau perkembangan anaknya sehingga pelayanan kepada peserta didik dapat lebih optimal, pendidik akan lebih bertanggungjawab terhadap penilaian kepada peserta didik."

Semoga dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi ini, madrasah dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat luas.

Maju terus, madrasah!

(Yyt76)
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
11 Januari 2017 pukul 05.03 delete

Assalamualaikum, pak yayat. Kenapa belum bisa melihat nilai siswa dan siswi mtsn32 pak?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 Januari 2017 pukul 05.38 delete

Assalamualaikum, pak yayat. Kenapa belum bisa melihat nilai siswa dan siswi mtsn32 pak?

Reply
avatar