DKM MASJID MTSN 32 JAKARTA  SELENGGARAKAN SHALAT IDUL ADHA

(Humas MTsN 32 Jakarta) - Senin, 12 November 2016, umat Muslim di Indonesia dan seluruh penjuru dunia serentak merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban 1437 H, dengan menjalankan Shalat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban.

DKM Masjid Dar El-Fikr MTs Negeri 32 Jakarta juga menggelar kegiatan serupa seperti tahun-tahun sebelumnya dan dihadiri oleh ratusan jamaah yang terdiri dari peserta didik, orang tua dan masyarakat sekitarnya dengan khusyu' dan khidmat di lapangan halaman MTsN 32 Jakarta.

Bertugas sebagai imam, ustadz H. Chairuddin Lubis, S.H.I.,  sedangkan khotib, ustadz Achmad Sutarwan, M.Pd., dan sebagai bilal, Asrofi (peserta didik MTsN 32) dibawah suasana pagi yang sejuk dan cerah.

Dalam khutbahnya, khatib menyampaikan paparan tentang sejarah perjuangan Nabi Ibrahim AS dan isterinya, Siti Sarah yang sedang mengandung puteranya (Ismail AS) dalam ikhtiarnya mencari air dari bukit Shafa dan Marwah,  yang selanjutnya menjadi rangkaian salah satu manasik haji,  yang hingga kini dikenal dengan istilah  "sa' i".

"Dari peristiwa perjuangannya mencari air tanpa putus asa, akhirnya Allah SWT memberi kenikmatan berupa munculnya mata air yang segar, yang hingga kini tidak ada habisnya untuk diminum, itulah air zam zam," papar ustadz Sutarwan.

"Bahwa Allah memberikan kenikmatan tersebut setelah hamba-Nya berikhtiar semampunya, meskipun membutuhkan perjuangan yang berat, namun tiada perjuangan yang berakhir sia-sia."

Karena untuk menjadi seorang Muslim yang benar memerlukan keteguhan hati, karena bukan berarti dengan menjadi seorang Muslim serta merta akan dikasihi dan dikasihani Allah SWT, justru akan mendapat cobaan yang besar bahkan lebih dahsyat cobaannya untuk membuktikan kepatuhan dan ketaatan kita kepada Sang Ilahi.

Khatib memberi contoh kepatuhan secara maksimal dari nabi Ibrahim A.S. yang mendapat cobaan yang sangat berat untuk membuktikan ketakwaannya meskipun harus mengorbankan anaknya sendiri yang paling disayangi dan dicintainya, Ismail A.S.

Hadir pada kesempatan ini, ketua komite MTsN 32 Jakarta, Edi Setiadi, S.Pd., yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus DKM dan seluruh warga MTsN 32 Jakarta yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan shalat idul adha tahun ini, dan berharap di masa mendatang dapat menyelenggarakan kegiatan ini lebih baik lagi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada orang tua peserta didik yang berpartisipasi menyalurkan dan membantu pelaksanaan qurban di MTsN 32 Jakarta.

Dalam laporannya, ketua pelaksana, Achmad Hidayat, mengatakan bahwa, "bagi peserta didik MTsN 32 kegiatan ini menjadi momen edukasi sekaligus praktek mengamati dari proses pelaksanaan shalat 'ied hingga berqurban sehingga kelak ilmu yang diperoleh tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat kelak."

Segenap pimpinan, guru dan karyawan Madrasah Tsanawiyah Negeri 32 Jakarta mengucapkan: "Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H / 2016 M, taqabbalallahu minna wa minkum."

(Y

Previous
Next Post »