KEREEN...! TIM LITERASI MTSN 32 SIARAN ON AIR DI RADIO BEKASI


(Humas MTsN 32 Jakarta) - Radio Suara Bekasi mengapresiasi program literasi MTs Negeri 32 Jakarta yg berhasil mencetak buku karya peserta didik dan pendidik dalam buku 'Impian Alyssa:
Kumpulan Cerpen dan Puisi', Penerbit Diandra Creative, 2016.

Mengingat masih relatif sedikit madrasah/sekolah setaraf MTs/SMP yg mencetak buku karya peserta didik dan pendidik.  Karena kepedulian itulah, radio Suara Bekasi mengundang wawancara tim literasi dari MTs 32 Jakarta, Achmad Sutarwan, M.Pd. untuk menceritakan latar belakang pembuatan buku 'Impian Alyssa' baru-baru ini.

Wawancara dimulai dari pukul 13.00 WIB s.d 14.00 WIB.  Dengan memaparkan latar belakang penulisan buku yang diilhami oleh kegitan "32 menulis" yg telah dilakukan sejak 4 tahun yg lalu.

Dalam kesempatan interview on air tersebut, antara lain ditanyakan mengenai filosofi diselenggarakan kegiatan literasi madrasah/sekolah. Achmad Sutarwan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan membaca dan menulis yang didasarkan perintah Allah SWT dalam surat Al-'Alaq ayat 1-5. Bagi pendidik dan peserta didik madrasah, kegiatan membaca merupakan ibadah. Kegiatan membaca dan menulis, adalah kunci menguasai kesejahteraan dan kejayaan peradaban dunia.

Sutarwan juga mengatakan: "Sebagai refleksi, kegiatan membaca ini sangat kurang diminati bagi bangsa Indonesia terutama di dunia pendidikan. Bandingkan saja, bagi peserta didik setara jenjang SMP di Malaysia selama 6 bulan membaca dan meresume 6 buku, sedangkan di Inggris dan Amerika sebanyak 25 buku. Lalu Bagaimana di Indonesia? Sayangnya, di Indonesia baru 1 buku dalam 6 bulan yang dibaca.  Radio Suara Bekasi berharap dengan menyebarluaskan wawancara ini, bangsa Indonesia, terutama pelajar, termotivasi untuk membaca dan menulis.  Sehingga diharapkan Indonesia segera menjadi lebih maju, baik peradabannya  maupun kesejahteraan rakyatnya, agar tidak jalan di tempat."

Selain menerbitkan karya peserta didik dan pendidik dalam cerpen "Impian Alyssa", tim literasi MTsN 32 Jakarta juga menerbitkan Majalah Khatulistiwa sebagai media informasi, inspirasi dan komunikasi yang juga memuat hasil karya ilmiah peserta didik dan pendidik MTsN 32 Jakarta dengan dukungan penuh dari kepala  madrasah.

Menanggapi terbitnya karya-karya dari program literasi sekolah,  Kepala MTs Negeri 32 Jakarta, Drs. H. Ahmad Sakur, M.Pd. sangat mengapresiasi dan mendorong segenap civitas MTsN 32 Jakarta untuk terus berkarya dan meningkatkan pengembangan dirinya dalam bentuk penulisan karya ilmiah sehingga buku-buku yang dapat diterbitkan lebih banyak lagi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Selamat berkarya!
(yyt76)
Previous
Next Post »